Tuesday, October 30, 2012

Beratnya perjuangan mencari pekerjaan

Saat jaman SMA, ditanya sekolah dimana, kita akan bilang SMA A, SMA B, atau SMA-SMA bergengsi lainnya, begitupula saat kuliah, kita dengan mudah mengatakan ingin kuliah di Universitas X, Y, maupun universitas bergengsi lainnya.
Tetapi setelah selesai kuliah, ketika kita belum memiliki pekerjaan, dapatkah kita dengan mudah mengatakan mau kerja di company M,N,atau company bergengsi lainnya? Belum tentu
Tidak semua orang dengan mudah memperoleh pekerjaan segera setelah selesai kuliah. Bahkan ada yang harus menunggu beberapa bulan hingga mendapatkan pekerjaan. Kenapa ya?
Some people say its all about luck
Tidak hanya orang yang pintar saja yang langsung diterima di suatu perusahaan, terkadang orang yang beruntung yang bisa diterima di suatu perusahaan. Mungkin dengan nilai IPK tinggi tetapi tidak sesuai dengan kualifikasi calon perusahaan, entah karena komukasi atau kepribadian si calon kandidat.
Berbagai cara ditempuh demi mendapatkan pekerjaan yang setidaknya sesuai dengan jurusan kuliah. Cara-cara tersebut antara lain mengikuti JobFair, Iklan Koran, Website, maupun informasi dari teman-teman sekitar.
Ketika kita mencoba melamar pun, terkadang yang kita pilih adalah posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah kita, mungkin kita berpikir, lebih baik kita memiliki pekerjaan terlebih dahulu, sesuai tidaknya dengan jurusan kuliah kita menjadi prioritas kesekian.
Sebegitu beratkah mencari pekerjaan? Memang, karena hal ini berkaitan dengan masa depan kita, jadi baik kita maupun calon perusahaan menginginkan hal terbaik demi masa depan.
Apapun usaha yang kita lakukan, apapun posisi yang akhirnya kita terima, kita harus bekerja dengan penuh loyalitas, bertanggung jawab, dan mencintai pekerjaan kita
Bagaimana dengan pengalaman mencari kerja anda?

No comments: